Laporan Hasil
Penelitian Sosiologi Kelompok 1
|
BAB
I PENDAHULUAN
|
Hubungan Keterlambatan Siswa SMA N 1
Sunggal Datang ke Sekolah
Terhadap Prestasi BELAJAR
|
A.
LATAR
BELAKANG MASALAH
Dalam
proses berjalannya sebuah pendidikan, pasti ada faktor penghambatnya. Salah
satu faktor penghambat tersebut yang juga merupakan bentuk dari penyimpangan
sosial adalah terlambatnya para siswa untuk datang ke sekolah dengan tepat
waktu. Hal ini dapat membuat para siswa yang terlambat tersebut memperoleh hukuman
dari guru atas keterlambatan mereka. Tanpa disadari, para siswa sudah
melewatkan beberapa jam pelajaran hanya
untuk melaksanakan tugas tambahan berupa hukuman yang sudah diberikan oleh guru
kepada mereka. Ini dapat juga menghambat prestasi mereka di kemudian hari.
Pada
proposal penelitian ini kami mencoba menganalisa dampak yang dapat ditimbulkan
sebagai akibat dari keterlambatan siswa untuk datang ke sekolah dan
menghubungkannya terhadap tingkat prestasi belajar mereka masing-masing.
Proposal penelitian ini sudah kami rancang sedemikian rupa sesuai dengan topik yang sudah kami bahas dengan materi
serta pembahasannya secara garis besar. Berikut ini adalah isi daripada kerya
tulis yang sudah kami buat. Semoga anda yang membacanya memperoleh pengetahuan
seperti yang anda inginkan sebelumnya.
B.
RUMUSAN
MASALAH
Dalam
proposal ini, rumusan masalah yang delompok kami dapat simpulkan sesuai dengan
masalah pada judul penelitian kami adalah sebagai berikut :
·
Apa penyebab siswa SMA N 1 Sunggal bisa
datang terlambat ke sekolah ?
C.
KERANGKA
TEORI.
Kerangka
teori yaitu bagian yang memuat tentang teori para ahli sosiologi. Pada bagian
ini, teori ahli yang kelompok kami ambil adalah :
·
Teori diferensiasi asosiasi oleh Edwin
H. Sutherland
Penyimpangan terjadi
karena seseorang bergaul dengan orang-orang yang beperilaku menyimpang.
·
Teori fungsi oleh Emile Durkheim
Penyimpangan akan
selalu terjadi sampai kapanpun, dengan demikian moralitas dan hukum beserta
lembaganya dapat berkembang secara normal.
Teori-teori
tersebut kami pilih sebab menurut kami kebanyakan perilaku menyimpang seperti
datang terlambat ke sekolah merupakan hal yang terjadi karena seseorang
terpengaruh oleh pergaulan yang dapat menyebabkan dia berbuat demikian dan
menjadi hal yang biasa baginya untuk datang terlambat ke sekolah walaupun
sedikit orang melakukan keterlambatan karena disebabkan hal-hal yang tidak
terduga atau tidak disengaja seperti terkena macat.
Untuk
mengatasi masalah tersebut, tentunya kita memerlukan hukum beserta lembaganya untuk
dapat membuat penyimpangan sosial dikontrol dan diawasi sehingga intensitasnya
lebih sedikit.
D.
HIPOTESIS
Hipotesis
yang kelompok kami dapat simpulkan pada
makalah ini terdiri dari 2 bagian yaitu sebagai berikut :
·
H0 : Tidak adanya pengaruh antara hubungan
keterlambatan siswa SMA N 1
Sunggal
datang ke sekolah terhadap prestasi belajar.
·
H1 : Adanya pengaruh antara hubungan
keterlambatan siswa SMA N 1
Sunggal datang ke sekolah terhadap prestasi
belajar.
E. OPERASIONALISASI
VARIABEL
Variabel yang ada di dalam karya
tulis ini terbagi menjadi 2 variabel, yaitu :
·
variabel bebas :keterlambatan siswa SMA N 1 Sunggal datang ke sekolah.
·
variabel terikat :prestasi belajar.
Laporan Hasil Penelitian Sosiologi
Kelompok 1
|
BAB
II METODE
PENELITIAN
|
Hubungan Keterlambatan Siswa SMA N 1
Sunggal Datang ke Sekolah
Terhadap Prestasi BELAJAR
|
|
A.
METODE
PENELITIAN
Pada bagian ini, metode penelitian
yang kami gunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan secara
deskriptif.
Metode penelitian yang kami gunakan
pada laporan hasil penelitian kami ini juga meliputi beberapa indikator sebagai
berikut :
v Jenis Penelitian
Jenis penelitian yang kelompok kami
terapkan pada laporan hasil penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif.
Kami memilih jenis penelitian tersebut karena disebabkan jangka waktu yang kami
miliki hanya sebentar sehingga tidak memnungkinkan kami untuk menerapkan jenis
penelitian kualitatif.
v Lokasi Penelitian
Lokasi yang menjadi tempat bagi
kami untuk melakukan penelitian adalah lingkungan SMA N 1 Sunggal seluruhnya.
Berikut adalah gambar lokasinya :
v Teknik Pengumpulan Data
Teknik
pengumpulan data yang kami buat pada laporan hasil penelitian kami ini adalah
sebagai berikut :
1. Observasi
Metode
observasi yang kami terapkan merupakan metode observasi langsung, yaitu
mengamati langsung siswa SMA N 1 Sunggal yang terlambat datang ke sekolah. Dari
hasil observasi tersebut kami dapat menyimpulkan bahwa intensitas keterlambatan
siswa SMA N 1 Sunggal yang datang terlambat ke sekolah dapat dikatakan cukup
rendah. Ini terbukti dari hasil observasi tidak langsung kami dimana kami
melihat kira-kira hanya 1 sampai 5 persen dari populasi siswa SMA N 1 Sunggal
yang datang terlambat ke sekolah.
2. Angket
(Kuesioner)
Metode
angket (kuesioner) juga kami terapkan dalam laporan hasil penelitian kami.
Angket yang kami gunakan adalah angket tertutup.
Metode ini kami lakukan
karena jangka waktu yang kami miliki dalam proses pembuatan proposal ini
terbatas sehingga kami harus menggunakan angket untuk mempermudah dan
mempercepat proses pengumpulan data kami.
Metode
ini kami lakukan dengan cara mengajukan beberapa pertanyaan kepada responden
dengan menyertakan opsi pada setiap pertanyaannya.
v Populasi dan Sampel
Pada
bagian ini, kelompok kami mengkaji lebih dalam mengenai cara melakukan
pengambilan data kami ke lapangan. Salah satu caranya yaitu menentukan populasi
dan sampel penelitian.
Populasi
adalah jumlah keseluruhan data yang ada kaitannya dengan penelitian kami. Pada
konteks ini yang menjadi populasi dari penelitian kami adalah seluruh siswa SMA
N 1 Sunggal yang terlambat datang ke sekolah.
Sampel
adalah sebagian data yang diteliti namun sudah mencakup seluruh data yang ada
pada bahan dan rencana penelitian kami. Pada konteks ini, yang kelompok kami
jadikan sampel pada laporan hasil penelitian kami adalah seluruh siswa kelas
XII SMA N 1 Sunggal yang terlambat datang ke sekolah.
v Jadwal Penelitian
Sebelum kami menyimpulkan laporan
hasil penelitian mengenai hubungan keterlambatan siswa SMA N 1 Sunggal datang
ke sekolah dengan prestasi belajar, kami telah membuat jadwal peneltian bagi
kelompok kami sendiri. Jadwal ini bertujuan agar penelitian kami mulai dari
proses perencanaan atau pembuatan proposal sampai kepada tahap akhir yaitu
penyerahan hasil penelitian dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan
waktu yang telah kami tetapkan sebelumnya.
Berikut ini adalah tabel jadwal
penelitian yang kami perlukan untuk proses pembuatan proposal penelitian kami
ini :
v Keterbatasan Penelitian
Dalam pembuatan laporan hasil
penelitian ini, kelompok kami hanya mengkaji masalah “keterlambatan siswa SMA N
1 Sunggal datang ke sekolah dengan prestasi belajar” dari ruang lingkup SMA N 1
Sungal. Masalah yang terdapat pada lingkungan SMA N 1 Sunggal adalah batas dari
penelitian kami. Untuk itu, jika ada masalah yang sama dengan ini namun berada
di luar kawasan SMA N 1 Sunggal bukanlah menjadi objek penelitian kelompok kami
lagi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar