13 April 2013

Contoh Hasil Penelitian Sosiologi


 
Laporan Hasil Penelitian Sosiologi Kelompok 1
BAB I PENDAHULUAN
Hubungan Keterlambatan Siswa SMA N 1 Sunggal Datang ke Sekolah       Terhadap Prestasi BELAJAR








A.      LATAR BELAKANG MASALAH

Dalam proses berjalannya sebuah pendidikan, pasti ada faktor penghambatnya. Salah satu faktor penghambat tersebut yang juga merupakan bentuk dari penyimpangan sosial adalah terlambatnya para siswa untuk datang ke sekolah dengan tepat waktu. Hal ini dapat membuat para siswa yang terlambat tersebut memperoleh hukuman dari guru atas keterlambatan mereka. Tanpa disadari, para siswa sudah melewatkan beberapa jam  pelajaran hanya untuk melaksanakan tugas tambahan berupa hukuman yang sudah diberikan oleh guru kepada mereka. Ini dapat juga menghambat prestasi mereka di kemudian hari.
Pada proposal penelitian ini kami mencoba menganalisa dampak yang dapat ditimbulkan sebagai akibat dari keterlambatan siswa untuk datang ke sekolah dan menghubungkannya terhadap tingkat prestasi belajar mereka masing-masing. Proposal penelitian ini sudah kami rancang sedemikian rupa sesuai dengan  topik yang sudah kami bahas dengan materi serta pembahasannya secara garis besar. Berikut ini adalah isi daripada kerya tulis yang sudah kami buat. Semoga anda yang membacanya memperoleh pengetahuan seperti yang anda inginkan sebelumnya.

B.       RUMUSAN MASALAH

Dalam proposal ini, rumusan masalah yang delompok kami dapat simpulkan sesuai dengan masalah pada judul penelitian kami adalah sebagai berikut :
·         Apa penyebab siswa SMA N 1 Sunggal bisa datang terlambat ke sekolah ?

C.      KERANGKA TEORI.

Kerangka teori yaitu bagian yang memuat tentang teori para ahli sosiologi. Pada bagian ini, teori ahli yang kelompok kami ambil adalah :
·         Teori diferensiasi asosiasi oleh Edwin H. Sutherland
Penyimpangan terjadi karena seseorang bergaul dengan orang-orang yang beperilaku menyimpang.



·         Teori fungsi oleh Emile Durkheim
Penyimpangan akan selalu terjadi sampai kapanpun, dengan demikian moralitas dan hukum beserta lembaganya dapat berkembang secara normal.

Teori-teori tersebut kami pilih sebab menurut kami kebanyakan perilaku menyimpang seperti datang terlambat ke sekolah merupakan hal yang terjadi karena seseorang terpengaruh oleh pergaulan yang dapat menyebabkan dia berbuat demikian dan menjadi hal yang biasa baginya untuk datang terlambat ke sekolah walaupun sedikit orang melakukan keterlambatan karena disebabkan hal-hal yang tidak terduga atau tidak disengaja seperti terkena macat.
Untuk mengatasi masalah tersebut, tentunya kita memerlukan hukum beserta lembaganya untuk dapat membuat penyimpangan sosial dikontrol dan diawasi sehingga intensitasnya lebih sedikit.

D.      HIPOTESIS

Hipotesis yang  kelompok kami dapat simpulkan pada makalah ini terdiri dari 2 bagian yaitu sebagai berikut :
·          H0          : Tidak adanya pengaruh antara hubungan keterlambatan siswa SMA N 1
                    Sunggal datang ke sekolah terhadap prestasi belajar.
·          H1        : Adanya pengaruh antara hubungan keterlambatan siswa SMA N 1
   Sunggal datang ke sekolah terhadap prestasi belajar.

E.       OPERASIONALISASI VARIABEL

Variabel yang ada di dalam karya tulis ini terbagi menjadi 2 variabel, yaitu :
·         variabel bebas              :keterlambatan siswa SMA N 1 Sunggal datang ke sekolah.
·         variabel terikat            :prestasi belajar.




 
 Laporan Hasil Penelitian Sosiologi Kelompok 1
BAB II                        METODE PENELITIAN
Hubungan Keterlambatan Siswa SMA N 1 Sunggal Datang ke Sekolah       Terhadap Prestasi BELAJAR





 
A.      METODE PENELITIAN

Pada bagian ini, metode penelitian yang kami gunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan secara deskriptif.
Metode penelitian yang kami gunakan pada laporan hasil penelitian kami ini juga meliputi beberapa indikator sebagai berikut :

v  Jenis Penelitian
Jenis penelitian yang kelompok kami terapkan pada laporan hasil penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Kami memilih jenis penelitian tersebut karena disebabkan jangka waktu yang kami miliki hanya sebentar sehingga tidak memnungkinkan kami untuk menerapkan jenis penelitian kualitatif.

v  Lokasi Penelitian
Lokasi yang menjadi tempat bagi kami untuk melakukan penelitian adalah lingkungan SMA N 1 Sunggal seluruhnya.
Berikut adalah gambar lokasinya :

v  Teknik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data yang kami buat pada laporan hasil penelitian kami ini adalah sebagai berikut :
1.      Observasi
Metode observasi yang kami terapkan merupakan metode observasi langsung, yaitu mengamati langsung siswa SMA N 1 Sunggal yang terlambat datang ke sekolah. Dari hasil observasi tersebut kami dapat menyimpulkan bahwa intensitas keterlambatan siswa SMA N 1 Sunggal yang datang terlambat ke sekolah dapat dikatakan cukup rendah. Ini terbukti dari hasil observasi tidak langsung kami dimana kami melihat kira-kira hanya 1 sampai 5 persen dari populasi siswa SMA N 1 Sunggal yang datang terlambat ke sekolah.

2.      Angket (Kuesioner)
Metode angket (kuesioner) juga kami terapkan dalam laporan hasil penelitian kami. Angket yang kami gunakan adalah angket tertutup.


Metode ini kami lakukan karena jangka waktu yang kami miliki dalam proses pembuatan proposal ini terbatas sehingga kami harus menggunakan angket untuk mempermudah dan mempercepat proses pengumpulan data kami.
Metode ini kami lakukan dengan cara mengajukan beberapa pertanyaan kepada responden dengan menyertakan opsi pada setiap pertanyaannya.


v  Populasi dan Sampel

Pada bagian ini, kelompok kami mengkaji lebih dalam mengenai cara melakukan pengambilan data kami ke lapangan. Salah satu caranya yaitu menentukan populasi dan sampel penelitian.
Populasi adalah jumlah keseluruhan data yang ada kaitannya dengan penelitian kami. Pada konteks ini yang menjadi populasi dari penelitian kami adalah seluruh siswa SMA N 1 Sunggal yang terlambat datang ke sekolah.
Sampel adalah sebagian data yang diteliti namun sudah mencakup seluruh data yang ada pada bahan dan rencana penelitian kami. Pada konteks ini, yang kelompok kami jadikan sampel pada laporan hasil penelitian kami adalah seluruh siswa kelas XII SMA N 1 Sunggal yang terlambat datang ke sekolah.

v  Jadwal Penelitian

Sebelum kami menyimpulkan laporan hasil penelitian mengenai hubungan keterlambatan siswa SMA N 1 Sunggal datang ke sekolah dengan prestasi belajar, kami telah membuat jadwal peneltian bagi kelompok kami sendiri. Jadwal ini bertujuan agar penelitian kami mulai dari proses perencanaan atau pembuatan proposal sampai kepada tahap akhir yaitu penyerahan hasil penelitian dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan waktu yang telah kami tetapkan sebelumnya.


Berikut ini adalah tabel jadwal penelitian yang kami perlukan untuk proses pembuatan proposal penelitian kami ini :


v  Keterbatasan Penelitian
Dalam pembuatan laporan hasil penelitian ini, kelompok kami hanya mengkaji masalah “keterlambatan siswa SMA N 1 Sunggal datang ke sekolah dengan prestasi belajar” dari ruang lingkup SMA N 1 Sungal. Masalah yang terdapat pada lingkungan SMA N 1 Sunggal adalah batas dari penelitian kami. Untuk itu, jika ada masalah yang sama dengan ini namun berada di luar kawasan SMA N 1 Sunggal bukanlah menjadi objek penelitian kelompok kami lagi.



Tidak ada komentar: